Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Palu


Labinta, Nursafa, Ali, Muhammad, Kade, Amiruddin



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Abstrak – Pembelajaran Inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Pembelajaran langsung (DI) merupakan suatu model pembelajaran yang terdiri dari penjelasan guru mengenai konsep atau keterampilan baru terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri berbasis metode Eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas konstruksi. Berdasarkan tes hasil belajar fisika pada materi fluida statis yang diperoleh, menunjukan bahwa nilai rata – rata untuk kelas eksperimen yaitu 19,54 dengan standar deviasi sebesar 3,32 dan nilai rata – rata hasil belajar siswa untuk kelas kontrol yaitu 15,54 dengan standar deviasi sebesar 3,11. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 48 dan taraf signifikansi a = 0,05 diperoleh nilai thitung = 4,39 dan nilai ini lebih besar dari ttabel = 2,01. Hal ini berarti, nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Inkuiri berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 7 Palu. Dengan  kata lain, nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol.Kata Kunci : inkuiri berbasis metode eksperimen, pembelajaran langsung  (di), hasil belajar.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (337.497 KB)
Original Source : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/11680
Google Scholar : Check in googleschoolar