Basastra
Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH MICROTEACHING


Saragih, Hasan, Dewi Saragih, Sri Rahmah, Lubis, Fitriani, Endriani, Dewi



Article Info

Publish Date
20 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui prestasi mahasiswa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two pada mata kuliah microteaching Tahun akademik 2017/2018.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik  Cluster Random Sampling yaitu pada penelitian ini adalah mahasiswasemesterVIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB  sebagai kelas kontrol  dan jumlah setiap semester adalah 30 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dan  menggunakan tes yang berbentuk  uraian 5  soal. Dari hasil perhitungan pretes dan protes, data tersebut  diuji kedalam pengujian normalitas dan homogenitas dari kedua kelas, dinyatakan berdistribusi normal  dan homogen. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis diperoleh    thitung = 4,53 dan ttabel = 2,002 dengan dk = 30 + 30 – 2 = 58 dan a = 0,05 maka thitung>  ttabel yaitu 4,53 > 2,002, sehingga hipotesis nol ditolak,sekaligus menerima hipotesis alternatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adapengaruh strategi pembelajaran aktif  tipe The Power Of Two terhadap prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah microteaching.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (213.968 KB)
Original Source : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/11763
Google Scholar : Check in googleschoolar