Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 22, No 2 (2018): December

Evaluasi program mahasiswa wirausaha dengan model cipo di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang


Ahmad, Ahmad



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kebijakan Program Mahasiswa Wirausaha pada Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif yang berbasis kasus pada kedua universitas pelaksana PMW dengan metode evaluasi program dengan model CIPO. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konteks evaluasi, suatu perencanaan PMW merujuk pada latar belakang, landasan formal dan operasional pelaksanaan, tujuan, dan manfaat bagi pemangku kepentingan dengan capaian evaluasinya tinggi; (2) Input evaluasi, adanya perbedaan mekanisme pengalokasian dana bantuan antara PMW-UB dan PMW-UM yang menyebabkan capaian evaluasinya moderat, sedangkan pada indikator lain capaian evaluasinya tinggi; (3) Proses evaluasi, terdapat enam belas kriteria evaluasi yang berkategori tinggi, enam kriteria evaluasi yang berkategori moderat dan dua kriteria evaluasi yang berkategori rendah; sedangkan (4) Output evaluasi, indikator mahasiswa yang berwirausaha dan unit usaha yang dikembangkan mahasiswa dengan evaluasi capaiannya rendah.Kata kunci: Program Mahasiswa Wirausaha, Model Evaluasi CIPO EVALUATION OF STUDENT ENTREPRENEUR PROGRAM WITH CIPO MODEL IN BRAWIJAYA UNIVERSITY AND THE STATE UNIVERSITY OF MALANGAbstractThis research is aimed at evaluating the implementation of the Student Entrepreneurial Program policies at Brawijaya University and the State University of Malang in East Java. This study uses a case-based evaluative approach at both University, Brawijaya University and the State University of Malang with program evaluation methods. The model used in this research was CIPO model. The results showed: Context evaluation, a PMW planning refers to background, formal foundation and operational implementation, purpose, and benefits for the stakeholders to the achievement of a high evaluation; Input evaluation, the difference in the mechanism of allocating funds between PMW-UB and PMW-UM is causing moderate evaluation outcomes, whereas the other indicators of high achievement evaluation; Process evaluation, there are sixteen high-category evaluation criteria, six criteria of moderate categorization and two low evaluation criteria; and outputs evaluation, indicators student entrepreneurship and business unit developed a student with low achievements evaluation. Keywords: Student Entrepreneurship Program, CIPO Evaluation Model


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (414.817 KB)
Original Source : https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/16577
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

HEPI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian pendidikan dosen, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil-hasil penelitian yang disampaikan pada jurnal ini tidak terbatas pada bidang evaluasi pendidikan ...