Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 3, No 2 (2018)

GAYA MENGAJAR GURU PEMULA DAN GURU PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Muthmainnah, Siti Nafsul ( UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ) , Marsigit, Marsigit ( Universitas Negeri Yogyakarta )



Article Info

Publish Date
06 Dec 2018

Abstract

Guru pemula dan guru profesional mempunyai gaya mengajar yang beragam dalam melakukan pembelajaran dikelas. Tidak ada seorang guru yang seketika terlahir menjadi guru yang profesional. Untuk menjadi seorang guru profesional √ā¬†membutuhkan banyak pengetahuan, pengalaman dan keterampilan. Hal inilah yang menjadikan perbedaan gaya mengajar antara guru pemula dan guru profesional. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya mengajar guru pemula dan guru profesional dalam pembelajaran matematika. Gaya mengajar sendiri dibedakan menjadi 6 gaya mengajar, yaitu exposition, discussion, practice, practicalwork, investigation, dan inclusion. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode grounded theory melalui observasi pembelajaran dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru matematika di Kabupaten Klaten. Sampel penelitian adalah 5 orang guru matematika pemula dan 8 guru matematika profesional di Kabupaten Klaten yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pemula menggunakan 5 gaya mengajar, sedangkan guru professional menggunakan 6 gaya mengajar dalam pembelajaran matematika. Guru pemula mempunyai kelemahan dalam perencanaan pembelajaran jangka panjang. Hal ini membuat guru pemula tidak menggunakan gaya mengajar investigation dalam pembelajarannya. Dapat diambil kesimpulan bahwa pengalaman mengajar membuat guru pemula dan guru professional menggunakan gaya mengajar yang berbeda.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (575.228 KB)
Original Source : http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/896
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

JPNK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan November 1995 dengan nama Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun 1997 berganti nama menjadi Jurnal Pendidikan dan ...