Efektor
Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017


Suwito, Suwito



Article Info

Publish Date
04 Jul 2018

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Siklus ini dilakukan di SD Negeri 2 Sengonwetan. Peningkatan  Aktivitas dan Hasil Belajar PKN melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) pada Siswa Kelas  V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017 dilaksanakan dari bulan Januari sampai bulan April 2017. Subjek perbaikan di sekolah ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 2 Sengonwetan Kecamatan  dengan jumlah 25 siswa. Tindakan diadakan sebanyak 2 kali. Masing – masing  terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN  dengan metode pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal  itu dapat dilihat dari persentase ketuntasan kondisi awal 48%, meningkat menjadi 72% pada Siklus I. Kemudian setelah dilakukan perbaikan, pada Siklus II persentase ketuntasan kembali meningkat menjadi 96% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 80%. Aktivitas siswa pada Siklus  ini mengalami peningkatan. Pada Siklus I  data hasil pengamatan siswa mendapatkan skor rata-rata 10 dengan kategori cukup. Pada Siklus II aktivitas siswa meningkat dengan perolehan skor 13 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemerolehan skor aktivitas siswa  sudah memenuhi indikator keberhasilan kategori baik ( 11-15). Dari hasil Siklus di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017 secara signifikan.


Copyrights © 2018







Original Source : http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/12174
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

efektor-e

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Efektor is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of ...