JURNAL TARBIYAH
Vol 25, No 2 (2018)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA MATA KULIAH CURRICULUM AND MATERIAL DEVELOPMENT


Hasnah, Yenni ( Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ) , Dewi, Ratna Sari ( Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) )



Article Info

Publish Date
15 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menganalisis efektifitas penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan   Intelektual (SAVI) dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada Mata KuliahCurriculum and Material Design Development (CMD). PTK tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus melalui pendekatan kualitatif-kuantitatif untuk mendapatkan data penelitian. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian tes berupa pemahaman konsep kurikulum dan pengembangan desain materi pembelajaran, sedangkan data kualitatif didasarkan pada hasil observasi aktivitas mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dengan tingkat keberhasilan 24,24% pada siklus I, 51,52 % pada siklus II, dan mencapai 87,89% pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, khususnya dalam pembelajaranCMD.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (729.025 KB)
Original Source : http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/368
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Tarbiyah Journal is published since 1993 for Vol.1,No.1 and have gotten ISSN on May 29,2007. This journal focuses on scholarly writing and articles of Tarbiyah science, education and Islamic studies in the form of study, conceptual, reserach results, book review and ...