Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 7, No 1 (2019)

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Rahayu, Chichi, Festiyed, Festiyed



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Perangkat pembelajaran dibutuhkan sebagai sumber belajar agar  kegiatan pembelajaran dapat memotivasi peserta didik berpartisipasi aktif dalam pembelajaran serta mendukung terwujudnya kreativitas dan keterampilan berpikir kritis. Penggunaan model pembelajaran dan pendekatan yang efektif akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dalam penelitian ini model pembelajaran generatif dan pendekatan open-ended problem dipandang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas perangkat pembelajaran Fisika SMA berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis peserta didik. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas isi, konstruk dan bahasa. Perangkat pembelajaran akan dinyatakan valid jika hasil penilaian para pakar dan praktisi menyatakan bahwa isi dan format perangkat pembelajaran mendukung pembelajaran dan komponen dalam perangkat pembelajaran konsisten serta menggunakan bahasa sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Didalam jurnal ini akan dititik beratkan membahas tentang uji validitas perangkat pembelajaran. Uji  validitas dilakukan setelah tahap pendefenisian dan tahap perancangan selesai. Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan peserta didik, analisis materi dan tujuan pembelajaran dan analisis tugas. Tahap perancangan dilakukan dengan merancang perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, handout, LKPD, dan penilaian. Selanjutnya pada uji validitas diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian tahap pendefinisian pada analisis kurikulum diperoleh KI dan KD 3.3, 4.1, dan 4.6. Analisis kebutuhan peserta didik diperoleh bahwa peserta didik kelas X telah mampu mengembangkan kemampuan berfikir abstrak. Analisis materi diperoleh materi kinematika gerak lurus. Hasil tahap perancangan diperoleh prototype perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus, RPP, handout, LKPD, dan penilaian. Pada tahap pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran Fisika berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem  yang memenuhi kriteria valid 91,18.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (888.106 KB)
Original Source : http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5363
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...