Edulib
Vol 8, No 2 (2018)

KOMUNIKASI ILMIAH DITINJAU DARI ASPEK KOLABORASI KEPENGARANGAN DI JURNAL SOSIOHUMANIORA


-, Rohanda, Ruslina, Lilis



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis jumlah pengarang, jumlah keanggotaan pengarang, bahasa penulisan karya ilmiah, instansi pengarang, kolaborasi pengarang, frekuensi kolaborasi dan produktivitas pengarang serta graf komunikasi pada Jurnal Sosiohumaniora. Jurnal tersebut merupakan suatu jurnal yang mengkaji ilmu di bidang Sosial dan Humaniora yang diterbitkan oleh DRPM Universitas Padjadjaran dan telah mendapat akreditasi dari DIKTI pada tahun 2012. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mencatat dan mendaftar secara sistematik identitas setiap karya ilmiah yang diterbitkan oleh Jurnal Sosiohumaniora tahun 2013-2014. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode bibliometrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Jumlah pengarang yang tinggi pada salah satu nomor terbitan pada Jurnal Sosiohumaniora disebabkan oleh banyaknya pengarang yang melakukan penelitian secara berkolaborasi dengan komposisi pengarang yang berbeda-beda. 2) Universitas Padjadjaran menempati peringkat pertama instansi dengan karya ilmiah terbanyak. 3) Nilai kolaborasi yang didapatkan menunjukkan bahwa pengarang di bidang sosial dan humaniora tidak terlalu sering melakukan penelitian secara berkolaborasi. 4) Bambang Juanda menjadi pengarang yang paling produktif dan juga memiliki frekuensi kolaborasi terbanyak. 5) Pengarang yang paling produktif bukanlah yang menjadi titik sintetis. Pengarang yang menjadi titik sintetis tersebut ialah Eddy Renaldi dan Zumi Saidah.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (730.249 KB)
Original Source : http://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/12396
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

edulib

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Edulib, practitioners in the field of LIS focuses on the main problems in the development of the information science, documentation science, library science, archieve, librarianship, and ICT in Library. It covers the theoretical and general aspects of Institutional management of information, ...