Jurnal Sains dan Informatika : Research of Science and Informatic
Vol 4, No 2 (2018): Sains dan Informatika

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN SARANA LABORATORIUM SISTEM INFORMASI


Darwas, Rahmadini ( STMIK Indonesia Padang )



Article Info

Publish Date
28 Nov 2018

Abstract

AbstractLaboratory is one of the supporting facilities in im[roving the learning process. Problems found by students regarding the information system laboratory facilities at STMIK Indonesia Padang are the computers that suddenly die when operated, the less cold room, display data is blurred, making the inconvenience in the learning process that causes the students less satisfied with the services provided. Students will feel satisfied if the service is expected to match the received. Therefore, a decision support system is needed to analyze the quality of services provided to the students so that it can support the role and function of the laboratory optimally and what attributes need to be improved the quality of service. The method used is Fuzzy Service Quality (Servqual) method. The results showed that the service quality received was not in accordance with the expected because there is a gap of -1.55 for tangibles dimension. Attributes that need to be improved the quality of services are laboratory space is cool and comfortable, the use of laboratories relevant to the field of science, the responsibility of laboratory assistant, the availability of professional teachers and attitudes and behavior of labor officers.AbstrakLaboratorium merupakan salah satu fasilitas pendukung dalam meningkatkan proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan mahasiswa mengenai fasilitas laboratorium sistem informasi pada STMIK Indonesia Padang adalah komputer yang tiba-tiba mati saat dioperasikan, ruangan yang kurang dingin, data display yang buram sehingga membuat ketidaknyamanan dalam proses pembelajaran yang menyebabkan mahasiswa kurang puas terhadap layanan yang diberikan. Mahasiswa akan merasa puas apabila layanan yang diharapkan sesuai dengan yang diterima. Oleh sebab itu, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk menganalisis kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa sehingga dapat mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal serta atribut apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas layanannya. Metode yang digunakan adalah metode Fuzzy Service Quality (Servqual). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang diterima belum sesuai dengan yang diharapkan karena terdapat gap sebesar -1.55 untuk dimensi tangibles. Atribut yang perlu ditingkatkan kualitas layanannya yaitu ruangan laboratorium yang sejuk dan nyaman, penggunaan laboratorium yang relevan dengan bidang ilmu, tanggungjawab asisten labor, tersedianya tenaga pengajar yang professional dan sikap serta perilaku petugas laborKata kunci : sistem pendukung keputusan, laboratorium, fuzzy, servqual


Copyrights © 2018







Original Source : http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/sains/article/view/3735
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

sains

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sains dan Informatika (Print - ISSN : 2459-9549, E-ISSN : 2502-096X) merupakan jurnal penelitian teknologi informatika dan komputer yang menerbitkan tentang hasil penelitian dibidang sains, teknologi komputer, baik dalam pengertian luas maupun khusus dalam bidang-bidang tertentu yang terkait ...