Kreano
Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Materi Berdasarkan Kesulitan Belajar Mahasiswa Papua pada Perkuliahan Aljabar Linear dan Penumbuhan Karakter Percaya Diri


Surgandini, Arumella, Sulistiawati, Sulistiawati



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan pemahaman materi mahasiswa Papua berdasarkan hambatan belajar yang ditemukan, bagaimana kemampuan pemahaman materi mahasiswa berdasarkan indikatornya, dan bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa Papua berdasarkan hambatan belajar yang ditemukan. Subyek dalam penelitian ini 6 mahasiswa Papua STKIP Surya Tangerang pada Mata Kuliah Aljabar Linear tahun ajaran 2016/2017 semester I. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen kunci dibantu dengan instrumen tes kemampuan pemahaman materi dan angket percaya diri dengan modifikasi the test of self confidence dari Peter Lauster. Hasil dari penelitian ini adalah cara meningkatkan kemampuan pemahaman materi mahasiswa Papua adalah dengan: 1) mengadakan review materi prasyarat mata kuliah Aljabar Linear, 2) penggunaan modul kuliah cetak, 3) pemberian tugas setiap akhir pertemuan, 4) mengadakan diskusi secara lisan antara mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan teman sebaya, dan 5) mengadakan diskusi dengan dosen di luar jam kuliah, sehingga mahasiswa memiliki persentase peningkatan skor kurang lebih 17,14%..The aim of this study was to find out how to improve the material understanding ability of Papuan students based on their learning obstacles, how about students material understanding ability based on their indicators, and how to foster the self confidence of Papuan students based on learning obstacles. The subjects in this study were 6 Papuan students STKIP Surya Tangerang in Linear Algebra Course on Academic Year 2016/2017 semester. It employed qualitative method with the researcher as a key instrument assisted with the material undertsanding test and a self confidence questionnaire that modified from Peter Lausters self confidence questionnaire. The results of this study were the ways to improve the material understanding ability of Papuan students by: 1) conducting a review of material preconditions for Linear Algebra Course, 2) using printed lecture modules, 3) giving assignments at the end of each meeting, 4) hold discussions between students and lecturer also students with peers at class, and 5) hold discussions with lecturer outside the class, so the percentage increase in student scores is around 17.14%.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (1125.454 KB)
Original Source : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/14326
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

kreano

Publisher

Subject

Description

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Kreano, mempublikasikan artikel-artikel yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka, dan kreasi inovasi lain di ...