JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2018): Januari 2018

Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Murid Kelas V SD


Nurfadilla, Nurfadilla, Rosleny, Rosleny



Article Info

Publish Date
14 Nov 2018

Abstract

Jenis penelitian ini korelasional, pada penelitian ini untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel yaitu satu variabel bebas (independent) dan satu variable terikat (dependent). Populasi dalam penelitian ini adalah murid Kelas Va SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota  Makassar tahun pelajaran 2017/2018 dengan  jumlah 28 orang murid dan sampelnya  adalah murid kelas Va dengan  jumlah 28 orang murid. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan tekhik kuantitatif. Hipotesis Ha: Terdapat hubungan yang signifikan antara anatara minat baca dengan prestasi belajar murid. Ho: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar murid. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa: Hasil analisis yang diperoleh secara perhitungan menggunakan persamaan koefisien korelasi produk moment yaitu sebesar 0,465 lebih besar dari nilai koefisien korelasi produk moment pada tabel 0,537 pada taraf signifikan 1%dan 0,381 pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 23-1 = 28 atau  rhitung­> rtabel dapat disimpulkan bahwa “Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan presstasi belajar murid kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makssar”, dengan kategori cukup kuat terhadap hasil belajar murid.Kata Kunci: Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Murid ABSTRAKThis type of research is correlational, in this study to determine the level of relationship between two variables ie one independent variable (independent) and one dependent variable (dependent). The population in this study were students of Class Va SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar 2017/2018 academic year with the number of 28 students and the sample is a class student of Va with the number of 28 students. sampling technique using purposive sampling. Data collection techniques were conducted using questionnaires, and learning achievement. Data were analyzed using quantitative technique. Hypothesis Ha: There is a significant relationship between reading interest with student achievement. Ho: There is no significant relationship between reading interest and student achievement. The results of the study provide a description that: The results obtained by calculation analysis using the equation product moment coefficient coefficient of 0.465 is greater than the value of product moment correlation coefficient on the table 0,537 at a significant level of 1% and 0.381 at 5% significant level with degrees of freedom 23-1 = 28 or rhitung¬> rtabel it can be concluded that "There is a positive and significant correlation between reading interest with presstasi learn class V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makssar", with strong enough category to student learning result.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (581.645 KB)
Original Source : https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/1173
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jkpd

Publisher

Subject

Education

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama ...