DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Vol 5, No 2 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Rasa InginTahu Peserta Didik Kelas V


Prasetyo, Teguh, Nisa, Khoirun



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Pengkajian ini bertujuan mendeskripsikan hasil pengaruh model Problem Based Learning terhadap output nilai studi dan rasa ingintahu peserta yang dididik pada edukasi IPA kelas V SD Negeri Banjarwaru Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Jenis pengkajian kuantitatif dengan desain nonequivalent control group desain. Bahan bahan yang di ambil memakai teknik tes output nilai studi, angket, dan obesrvasi. Post-test output nilai studi experiment kelas dan control kelas nilai t hitung  > t tabel (2,841 > 1,99) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,010 < 1,998). Output bahan bahan rasa ingintahu peserta yang dididik nilai t hitung > t tabel (2,841 > 1,998) sedangkan nilai signikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Hal ini mengindikasikan terdapat kontradiksi output nilai studi yang baik pada peserta yang dididik di experiment kelas yang mendapat pengajaran dengan memakai model Problem Based Learning dibandingkan peserta yang dididik di control kelas pada variabel output studi dan rasa ingintahu pada pengajaran IPA.


Copyrights © 2018







Original Source : http://ojs.unida.ac.id/index.php/jtdik/article/view/1103
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jtdik

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Didaktika Tauhidi:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is an Indonesian-language scientific periodicals published by the Faculty of Education twice times a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year. All submitted manuscripts will go through ...