Jurnal Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 7 No 2 (2018): Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

Pengembangan Materi Keterampilan Mengajar Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa


Suwardi, Imam, Setiono, Panut



Article Info

Publish Date
12 Oct 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan dan kemenarikan untuk produk pengembangan materi keterampilan mengajar berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi yang disusun kedalam bentuk modul belajar. Langkah – langkah yang dilakukan dalam penelitian ini mengikuti langkah – langkah Model Dick, Carrey & Carrey (2009) yang disederhanakan menjadi sembilan dari sepuluh langkah yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli angket kepraktisan dari teman sejawat dan uji kemenarikan dari mahasiswa. Dari hasil uji kelayakan produk pengembangan pada hasil uji validasi ahli mendapat skor presentase sebesar 84,62%, produk yang sudah dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Uji kepraktisan berdasarkan hasil tanggapan dosen terhadap modul belajar sebesar 91,2 %, produk yang dikembangkan masuk dalan kategori kriteria digunakan tanpa revisi. Pada uji kepraktisan melalui tanggapan perserta didik diperoleh hasil dengan presentase rata-rata sebesar 75,16%, hasil ini berada pada tingkat kualifikasi layak. Kata Kunci: problem based learning, kompetensi pedagogik Abstract This study aims to obtain validity, practicality and attractiveness for the development of teaching skills based on Problem Based Learning materials to improve the pedagogical competence of students of the Jambi University Language and Literature Education Study Program at the University of Jambi which is organized into learning modules. The steps taken in this study follow the steps of Model Dick, Carrey & Carrey (2009) which are simplified into nine of the ten steps. The instruments used in this study were expert validation questionnaires from practical questionnaires from peers and tests of student interest. From the results of the product development feasibility test on the results of the expert validation test got a percentage score of 84.62%, the products that have been developed are very feasible to use. Practicality test based on the results of the lecturers' responses to the learning module was 91.2%, the products developed in the criteria category were used without revision. In the practicality test through student responses obtained results with an average percentage of 75.16%, these results are at the level of eligibility. Keywords: problem based learning, pedagogic competence


Copyrights © 2018







Original Source : http://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/5742
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

pena

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pena diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi sebagai wahana diseminasi hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra. Redaksi menerima sumbangan artikel yang relevan dengan visi penerbitan ini. Tim Redaksi berhak ...