RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 1 (2017): Ristekdik Juli-Desember 2017

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains pada Materi Gaya Magnet dengan Metode Eksperimen di Kelas V SD Negeri 200307 Rimbasoping Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2015/2016


Mariani, Lely



Article Info

Publish Date
07 Nov 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sains pada materi gaya magnet dengan menggunakan metode eksperimen di kelas V semester II SD Negeri 200307 Rimbasoping Padangsidimpuan Tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode eksperimen sebagai sasaran utama. Dimana peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sains pada materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 200307 Rimbasoping Padangsidimpuan Subjek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas V SD Negeri 200307 Rimbasoping Padangsidimpuan T.A 2015/2016 yang berjumlah 27 orang. Penetapan kelas ini adalah berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah. Sedangkan objek penelitiannya adalah meningkatkan hasil belajar siswa melaluimetode eksperimen. Sebelum perencanaan tindakan dilakukan, terlebih dahulu diberi tes awal. Dari nilai tes awal siswa diperoleh tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 37,04%. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan metode eksperimen diperoleh tingkat ketuntasan belajar secaraklasikal sebesar 59,26%. Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 22,22% dari hasil pre tes.Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan metode eksperimen yang dipadukan dengan kerja kelompok diperoleh tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,89%. Terjadi peningkatanhasil belajar siswa sebesar 29,63% dari hasil post tes I atau dari siklus I.Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Gaya Magnet, Metode Eksperimen


Copyrights © 2017






Download : Full PDF (81.212 KB)
Original Source : http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/217
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...