RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 1 (2017): Ristekdik Juli-Desember 2017

Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VI SD N 200112 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2016/2017


Simbolon, Ellya Rosa



Article Info

Publish Date
07 Nov 2017

Abstract

Manusia memiliki derajat potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan yang berbeda-beda. Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling mencerdaskan). Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang silih asah, sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga sesama siswa. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share?Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD N 200112 Padangsidimpuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (43,24%), siklus II (70,27%), siklus III (89,19%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Think-Pair-Share dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VI SD N 200112 Padangsidimpuan sertamodel pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Ilmu Pengetahuan Alam.Kata Kunci: Prestasi Belajar, Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share


Copyrights © 2017






Download : Full PDF (106.631 KB)
Original Source : http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/213
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...