Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol 12, No 1 (2018): APRIL 2018

PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA, BRAND AWARENESS, PURCHASE INTENTION PADA PRODUK SEPATU OLAHRAGA


Semuel, Hatane, Yohanes Setiawan, Kelvin



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian menganalisa pengaruh promosi, brand awareness, dan purchase intention produk sepatu olahraga di Surabaya melalui sosial media. Sosial media yang digunakan berpromosi berupa foto produk ataupun potongan harga dipublikasikan di Instagram, facebook, dan twitter. Sampel penelitian 100 responden masyarakat Surabaya yang telah melihat promosi di sosial media sepatu olahraga Specs. Pengukuran promosi (X1) dengan indikator need recognition, finding buyers, brand building, evaluation of alternatives, dan customer retention. Pengukuran purchase intention (Y2) dengan indikator rangsangan, kesadaran, dan pencarian informasi. Pengukuran Brand awareness (Y1) dengan indikator konsumen paham merek produk, mampu membandingkan merek produk di antara pesaing, dan mampu mendeskripsi ciri merek produk dengan cepat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Promosi berpengaruh positif terhadap brand awareness produk sepatu olahraga yang digunakan; (2) Brand awareness berpengaruh positif terhadap purchase intention; (3) promosi berpengaruh positif terhadap purchase intention. Brand awareness dapat menjadi mediasi antara promosi dan purchase intention


Copyrights © 2018







Original Source : http://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/20721
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

mar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui ...