Journal AL-MUDARRIS
Vol 1, No 2 (2018): edisi OKTOBER

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL AL-QURAN MELALUI METODE ALBANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN


setiawan, eko



Article Info

Publish Date
12 Oct 2018

Abstract

As an institution that is concerned with Islamic Education, especially the Quran, TK Aisyiyah 19 Bandung has made Al-Quran education as a priority curriculum. Based on this, the author tries to apply the Al-Quran learning method that is more interesting, by using Al-Bana Al-Quran learning method (story-based). The purpose of this study was to improve the early reading abilities of Al-Quran children in group B TK Aisyiyah 19 Bandung. The method used in this research is a descriptive qualitative method, with the type of classroom action research. The results of this study indicate that the application of Al-Bana Al-Quran learning method influences the early reading ability of Al-Quran children aged 5-6 years in TK Aisyiyah 19 Bandung.Sebagai lembaga yang konsen terhadap Pendidikan Islam khususnya Al-Quran, TK Aisyiyah 19 Bandung telah menjadikan pendidikan Al-Quran sebagai kurikulum unggulan. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran Al-Quran yang lebih menarik, dengan menggunakan metode pembelajaran Al-Quran Al-Bana (berbasis cerita). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca awal Al-Quran anak kelompok B TK Aisyiyah 19 Bandung. Metode yang digunakan dalama penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  penerapan metode pembelajaran Al-Quran Al-Bana berpengaruh terhadap kemampuan membaca awal Al-Quran anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 19 Bandung.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (793.136 KB)
Original Source : http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/al-mudarris/article/view/170
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

al-mudarris

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

AL-MUDARRIS: adalah jurnal ilmiah yang berkala dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) (ISSN online 2620-4355 dan print ISSN 2620-5831) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma'had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji strategi pembelajaran, ...