Journal AL-MUDARRIS
Vol 1, No 1 (2018): edisi APRIL

KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF IBNU HAJAR AL-HAITAMI (Ragam Eksplorasi Kitab Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfāl)


Yulianto, Yulianto



Article Info

Publish Date
29 Apr 2018

Abstract

Menurut  Ibnu  Hajar  al-Haitami  tujuan  pendidikan  anak-anak  adalah  merawat, mengembangkan,  dan  memaksimalkan  potensi  peserta  didik  dalam  memahami kitabulloh,  berakhlak  mulia,  dan  hidup  mandiri.  Dalam  rangka  memenuhi  tujuan pendidikan  tersebut  Ibnu  Hajar  al-Haitami  menulis  sebuah  kitab  yang  secara khusus  mengulas  seluk  beluk  tujuan  pendidikan,  aliran  pendidikan,  kompetensi pendidik,  teknik  pendidikan  anak,  biaya  pendidikan,  dan  karakteristik  lembaga pendidikan  anak.  Keenam  komponen  tersebut  oleh  Ibnu  Hajar  al-Haitami  di ketengahkan  dalam  buku Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju  Ilaihā  Muˋaddibū  al-Aṭfāl. Ruang  lingkup  penelitian  ini  adalah  enam aspek  pendidikan  yang  termaktub  dalam  kitab Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfā, menggunakan  teknik penelitian deskriptifcontent  anaylisis,  jenis  penelitian  pustaka,  dan  memakai pendekatan kualitatif  deskriptif. Sumber  data  primer  adalah Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfāl sedangkan data  sekundernya  adalah  berbagai  kitab  yang  membahas  biografi  Ibnu  Hajar  al-Haitami.    Sedangkan    prosedur    penelitian    dilakukan    melalui    tiga    tahap: pengumpulan  data, pengolahan  data,  dan  pelaporan  data.Hasil  penelitian  ini menunjukkan bahwa (1) tujuan pendidikan anak i terpusat pada potensi materiall dan  non  material  peserta  didik;  (2)  aliran  pendidikan  anak  menggunakan  aliran agamis-konserfativ; (3) teknik pendidikan yang paling banyak menyita Ibnu Hajar adalah   teknik   takzir;   (4)   kompetensi   pendidik   yang   paling   utama   adalah kompetensi  personal  dan  sosial;  (5)  pembiayan  pendidikan  dapat  diperoleh  dari tiga  faktor:  gaji,  wakaf,  dan  hibbah;  dan  (6)  lembaga  pendidikan  berupa  maktab dan madrosah.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (656.594 KB)
Original Source : http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/al-mudarris/article/view/98
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

al-mudarris

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

AL-MUDARRIS: adalah jurnal ilmiah yang berkala dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) (ISSN online 2620-4355 dan print ISSN 2620-5831) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma'had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji strategi pembelajaran, ...