Al-Mashrafiyah : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah
Vol 2, No 2 (2018)

KELAYAKAN NASABAH DALAM PEMBERIAN PEMBIAYAAN KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH PADA KANTOR BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH INVESTAMA MEGA BAKTI MAKASSAR.


K, Amiruddin



Article Info

Publish Date
03 Oct 2018

Abstract

Dalam melakukan penilaian permohonan pembiayaan bank syariah bagian marketing harus memperhatikan beberapa prinsip dan analisis utama yang berkaitan dengan kondisi secara keseluruhan calon nasabah, sehingga bisa mengurangi tingkat pembiayaan bermasalah calon nasabah di dunia perbankan syariah. Artikel ini mengulas tentang kelayakan Pembiayaan nasabah dalam pemberian pembiayaan pada kantor Bank Pembiayaan Rakyat Syariah IMB Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam menganalisis kelayakan Pembiayaan nasabah dalam pemberian pembiayaan, Bank Rakyat Syariah melakukan penilaian dengan menggunakan prinsip 5C yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral, and Condition of Economy, dan konsep FAST yaitu Fathanah, Amanah, Shiddiq, dan Tabligh. Adapun dampak kelayakan terhadap pemberian pembiayaan yakni untuk pihak Bank, kelayakan ini berdampak positif karena dengan adanya kelayakan maka pihak Bank dapat menganalisis secara detail permohonan nasabah. Sedangkan untuk pihak nasabah, kelayakan ini berdampak negatif karena untuk mendapatkan modal secara cepat akan terhambat dengan adanya standar kelayakan ini.Kata Kunci: Kelayakan Nasabah, dampak Kelayakan, konsep FASTIn assessing the financing application for the marketing department, sharia banks must pay attention to several main principles and analysis related to the overall condition of prospective customers, so as to reduce the level of financing of problematic prospective customers in the world of Islamic banking. This article reviews the feasibility of customer financing in the provision of financing at the office “Bank Pembiayaan Rakyat Syariah IMB Makassar”. The approach used is descriptive qualitative’ approach. The results show that in analyzing customer financing feasibility in providing financing, “Bank Pembiayaan Rakyat Syariah IMB Makassar” conducts an assessment using the 5C principles of Character, Capacity, Capital, Collateral, and Condition of Economy, and the FAST concepts are Fathanah, Amanah, Shiddiq, and Tabligh. As for the impact of feasibility on financing provision, namely for the Bank, this feasibility has a positive impact because with the feasibility, the Bank can analyze in detail the customer's application. Where as for the customer, this feasibility has a negative impact because to get capital quickly will be hampered by the existence of this feasibility standard.Keywords: Customer Feasibility, Feasibility impact, FAST concept 


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (270.281 KB)
Original Source : http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/almashrafiyah/article/view/6141
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

almashrafiyah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This journal contains writings of research results or theoretical studies related to economics, finance and sharia banking.This journal is published by the Department of Islamic Banking Faculty of Economics and Islamic Business UIN Alauddin Makassar. This journal is published in 2 (two) editions ...