Jurnal Pariwisata
Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata

Shopping Attributes Berdasarkan Motivasi dan Loyalitas Wisatawan Nusantara Kota Bandung


Fadjrina, Nunik, Octavanny, Vitha, Matara, Wilson



Article Info

Publish Date
27 Sep 2018

Abstract

Wisata belanja adalah salah satu sumber pendapatan pada sebuah destinasi  wisata. Untuk mengoptimalkan pendapatan tersebut, sebuah destinasi perlu memperhatikan shopping attributes yang ditawarkan agar wisatawan mau berbelanja kembali dan bersedia untuk mengatakan hal-hal positif mengenai wisata belanja di Kota Bandung kepada orang lain. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran shopping attributes berdasarkan motivasi dan loyalitas wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 12 partisipan dengan menggunakan metode kualitatif, diketahui bahwa pelayanan karyawan, kenyamanan dan value dari produk yang ditawarkan pada dua kawasan wisata belanja di Kota Bandung memiliki persepsi paling baik diantara komponen shopping attributes lainnya. Wisatawan yang berbelanja ke Kota Bandung sebagian besar dilatarbelakangi oleh motif hedonik dan perilaku wisatawan mencerminkan karakteristik loyalitas. Penelitian berikutnya diharapkan dapat mengkaji lebih luas mengenai shopping tourism dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (435.382 KB)
Original Source : http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/3863
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

JURNAL PARIWISATA pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. JURNAL PARIWISATA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Destinasi Pariwisata, Perhotelan, Budaya, Makanan. Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. ...