Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) UNTIRTA

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MINAT BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI MANGUNSARI 02 SALATIGA


Maryani, Maryani ( Universitas Kristen Satya Wacana ) , Suparno, Suparno ( SD Negeri Mangunsari 02 Salatiga )



Article Info

Publish Date
15 Sep 2018

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai alternatif meningkatkan minat belajar dan mendeskripsikan apakah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif diberikan kepada siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV semester II SD Negeri Mangunsari 02 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga tahun pelajaran 2017/2018.Varibel dalam penelitian ini terdiri dari pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai variabel bebas dan minat belajar sebagai variabel terikat. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data angket/kuisioner (questionnaire), dan daftar cek (checklist). Berdasarkan penelitian minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, yaitu dari 24 siswa, 2 (8.4%) siswa berminat, 21 (87.5%) siswa kurang berminat, 1 (4.1%) siswa tidak berminat. Uji t yang telah dilakukan setelah tindakan  diperoleh signifikasi  .000 lebih  kecil  dari  0,05  (0,000<0,05),  karena  signifikansi  2-tailed  pada  independent sample t test lebih kecil dari 0,05.  Dari data penelitian yang telah didapat Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw efektif diterapkan dalam pemebelajaran IPS dan dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran dikelas. Kata Kunci :  Jigsaw, Ilmu Pengetahuan Sosial.Abstract. This resarch was purposed to describe effectivity of learning model cooperative type jigsaw as an  alternative to increase students’ interest in learning and adress if cooperative learning type jigsaw more effective to be given to fifhth graders students in the semester II of SD Negeri Mangunsari 02 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga school year 2017/2018 for learning Social Knowledge Subject. Variable in this reasearch included learning model cooperative type jigsaw as independent variable and learning interest as dependent variable. This reserach used qualitative and quantitative method within the instruments questionaire and checklist. Based on the research revealed students’ interest toward Social Knowledge Subject used learning model cooperative type jigsaw; from 24 students, 2 ( 8.4 %) students were interested, 21 ( 87,5 %) less interested, 2 (4.1 %) not interested at all. Test t that had been done after action obtained significance 0,000 which less than 0, 05 (0,000<0,05), because of  the significance 2-tailed to independent sample t test less than 0,05. From the research data, learning model cooperative type jigsaw was effective to be applied in Social Knowledge Subject learning and also increasing students’ interest in classrooom learning processes.Keyword: Jigsaw, Social Knowledge Subject.


Copyrights © 2018







Original Source : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/3870
Google Scholar : Check in googleschoolar