Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN JOMIN BARAT I KECAMATAN KOTABARU KABUPATEN KARAWANG


Rahayu, Siti ( SDN Jomin Barat 1 Karawang Jawa Barat ) , Hidayati, Wahyu Nur ( SDN Citarik 1 Karawang Jawa Barat )



Article Info

Publish Date
15 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan kesan siswa terhadap matematika sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang, yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  penggunaan media bangun ruang dan bangun datar pada materi menghitung luas bangun datar sederhana dan menghitung volume kubus dan balok serta menggunakannya dalam pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jomin Barat I tahun pelajaran 2017/2018? Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, catatan lapangan dan tes. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan pada siklus I nilai rata-rata 62,75 meningkat menjadi 74, 50 pada siklus II. Berdasarkan tindakan yang dilakukan pada setiap siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bangun ruang dan media bangun datar dapat mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar matematika.Kata Kunci : Media Bangun Ruang, Hasil Belajar This research is bassed on the lack of interest and the students impression on the subject of mathematics, so the result of mathematics learning is low. This research done in SDN Jomin Barat I Kec. Kotabaru Kab. Karawang. The subject is the students of grade V, consist of 17 female and 12 male. This study aims to determine the using geometry media to calculating the area and volume material can improve the result of mathematics learning in Vth grade in 2017/2018. The method used is classroom action research.. The data collection process is carried out by observing, field record and Test. This research is carried out in 2 cycles. The results obtained from the  implementation of the action on the cycle I average value of 62.75 increased to 74, 50 on cycle II. Based on the actions taken on each cycle it can be concluded that the use of geometry media can activate and improve the results of learning mathematic.Keyword : Geometry,  Learning outcomes


Copyrights © 2018







Original Source : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/3854
Google Scholar : Check in googleschoolar