SENTRALISASI
Vol 7, No 2 (2018): Sentralisasi

MODEL PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMITMEN NORMATIF MELALUI KEPEMIMPINAN DAN TRUST (Studi Pada Guru SLTP Distrik ‘X’ Provinsi Papua Barat)


Tabara, Reijeng



Article Info

Publish Date
16 Jul 2018

Abstract

Konsekuensi logis dari hadirnya Otonomi Khusus daerah Papua di era globalisasi seperti sekarang adalah menuntut terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Realita Peningkatan kualitas sumber daya manusia menekankan pada penguasaan Iptek dan skill yang membawa konsekuensi untuk mencapai tujuan pembangunan.  Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah Pendidikan hampir tidak terjamah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Model Peningkatan Kinerja SDM berbasis Komitmen Normatif melalui Kepemimpinan dan Trust. Penelitian ini merupakan jenis explanatory research. Responden dalam penelitian ini adalah Guru SLTP di Distrik X Provinsi Papua barat sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan metode membagikan kuesioner kepada para responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi smartPLS versi 2.0 M3. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia, Kepemimpinan berpengaruh terhadap Komitmen Normatif, Trust berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia, Trust berpengaruh terhadap Komitmen Normatif, Komitmen Normatif berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (695.447 KB)
Original Source : http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/sentralisasi/article/view/152
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

sentralisasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

entralisasi (Journal of Economic Science/Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi)is scientific peer-reviewed journal published by faculty of Economic, Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia. Since estabilished in 2012, Sentralisasi is intended to provide a medium for dissemination of original and quality ...