Paedagogie
Vol 13 No 1 (2018)

Peningkatan Minat dan Prestasi Bahasa Inggris Siswa melalui Project Based Learning dengan Media Komik


Karmila, Karmila



Article Info

Publish Date
13 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi Bahasa Inggris siswa melalui penggunaan model pembelajaran PBL. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas X MC Teknik Pemesinan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Nopember 2017. Data diperoleh dari kegiatan pembelajaran siswa serta hasil tes dan ulangan harian melalui teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kesesuaian antara model PBL dengan karakteristik pembelajaran Bahasa Inggris pada kelas X MC Teknik Pemesinan SMKN 1 Magelang; (2) siswa memperlihatkan peningkatan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris; dan (3) prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata Ulangan Harian Siklus I = 56,57 menjadi 82,26 pada Siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan minat dan prestasi Bahasa Inggris siswa.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (262.68 KB)
Original Source : http://journal.ummgl.ac.id/index.php/Paedagogie/article/view/2056
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

Paedagogie

Publisher

Subject

Education

Description

Journal PAEDAGOGIE merupakan jurnal yang khusus mempublikasikan artikel hasil Penelitian Tindakan Kelas ...