Paedagogie
Vol 13 No 1 (2018)

Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Brainwriting


Budiani, Sri Avrianita



Article Info

Publish Date
13 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, mulai dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan siswa kelas X.IIK MAN Salatiga dalam menulis teks eksposisi menggunakan metode brainwriting. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.IIK MAN Salatiga sebanyak 40 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketrampilan menulis teks eksposisi siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan metode brainwriting dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 69,80 dengan kategori ‘tidak tuntas’ dan meningkat menjadi 83,08 pada siklus II dengan kategori ‘tuntas’.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (744.985 KB)
Original Source : http://journal.ummgl.ac.id/index.php/Paedagogie/article/view/2086
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

Paedagogie

Publisher

Subject

Education

Description

Journal PAEDAGOGIE merupakan jurnal yang khusus mempublikasikan artikel hasil Penelitian Tindakan Kelas ...