Paedagogie
Vol 13 No 1 (2018)

Penggunaan Mind Mapping Berbantuan Media LCD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Purwosari


Sricahyanti, Nurini



Article Info

Publish Date
13 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan  meningkatkan keaktifan  dan hasil belajar PKn  dengan menggunakan model  Mind Mapping Berbantuan Media LCD. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan subjek sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar dari 10 siswa (28,57%) pada kondisi awal, menjadi 11 siswa (31,43%) pada Siklus I pertemuan 1 dan 15 siswa (42,85%) pada pertemuan 2, serta 27 siswa (77,15%) pada Siklus 2 pertemuan 1 dan 30 siswa (85,70%) pada pertemuan 2. Rata – rata  nilai kelas adalah 59,43 pada kondisi awal, 60,57 pada Siklus I Pertemuan 1,  64,80 pada Siklus 1 Pertemuan 2 , Siklus 2  Pertemuan 1 mencapai 67,57, serta 75,86 pada Siklus  2 Pertemuan 2. Sedangkan prosentase keaktifan siswa antara siklus1 sampai dengan siklus 2 mengalami peningkatan dari 37,14% menjadi 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PKn.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (792.753 KB)
Original Source : http://journal.ummgl.ac.id/index.php/Paedagogie/article/view/2025
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

Paedagogie

Publisher

Subject

Education

Description

Journal PAEDAGOGIE merupakan jurnal yang khusus mempublikasikan artikel hasil Penelitian Tindakan Kelas ...