Paedagogie
Vol 13 No 1 (2018)

Peningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text melalui Genre Based Approach Berbantuan Media Instagram


Khasanah, Marisatul



Article Info

Publish Date
13 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis descriptive text melalui Genre Based Approach berbantuan media Instagram. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Banjarnegara pada semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas 7H yang berjumlah 30 siswa. Data diperoleh selama perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi melalui test, observasi kelas, serta dokumentasi. Test dilakukan sebanyak tiga kali (tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II). Instrument penelitian yang digunakan yaitu soal tes keterampilan menulis descriptive text, lembar observasi, serta panduan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan kelas, siswa terlihat lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil dokumentasi dari teks yang dihasilkan oleh siswa menunjukkan adanya peningkatan pada kualitas tulisan. Begitu pula dengan Tes Awal, Siklus I dan Siklus II. Nilai tes mengalami peningkatan dari 62, 68, dan 71. Dengan demikian, hipotesis tindakan diterima atau dapat disimpulkan bahwa penerapan Genre Based Approach berbantuan media Instagram mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis descriptive text.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (332.594 KB)
Original Source : http://journal.ummgl.ac.id/index.php/Paedagogie/article/view/2060
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

Paedagogie

Publisher

Subject

Education

Description

Journal PAEDAGOGIE merupakan jurnal yang khusus mempublikasikan artikel hasil Penelitian Tindakan Kelas ...