Journal of Applied Agricultural Science and Technology
Vol 2 No 1 (2018): Journal of Applied Agricultural Science and Technology

Pengaruh Sistem Pengolahan Tanah dan Pemberian Macam Bahan Organik Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jahe Gajah (Zingiber Officinale Rosc)


Dahmayanti, Pertiwi, Febriani, Wisa Mutiara, Lekat, Abu



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Jahe (Zingiber officinalle Rosc.) berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampaiCina. Sebagai salah satu komoditas perkebunan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakatterutama sebagai bahan rempah-rempah dan obat-abatan tradisional maka jahe mempunyaiprospek pemasaran yang cukup baik untuk dikembangkan. Salah satu cara untukmeningkatkan produksi jahe gajah yaitu dengan sistem olah tanah. Pengolahan tanahmerupakan salah satu kegiatan fisik dan mekanik dalam persiapan lahan untuk kegiatanbudidaya tanaman yang bertujuan untuk membuat media perakaran tanaman lebih baik.Selain itu untuk memperbaiki struktur tanah adalah dengan pemberian pupuk organik. Pupukorganik ini dapat berasal dari kotoran hewan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem pengolahan tanah dan pemberian macam bahan organik terhadappertumbuhan dan hasil jahe gajah (Zingiber officinale Rosc.). Dengan adanya penelitian inidiharapakan peneliti dapat memperoleh dan menambah ilmu pengetahuan serta dapatmelakukan penelitian secara mandiri dan mengetahui pengaruh sistem pengolahan tanah danpemberian macam bahan organik terhadap pertumbuhan dan hasil jahe gajah (Zingiberofficinale Rosc.). Penelitian ini dilaksanakan di Tanjung Pati, Kabupaten Lima Puluh Kota.Waktu pelaksanaan penelitian adalah selama 4 bulan, yakni mulai bulan Juli 2017 sampaibulan Oktober 2017. Luas areal yang digunakan untuk penelitian ini yaitu 70 M2. Penelitianini terdiri dari 2 perlakuan yang disusun berdasarkan Percobaan Faktorial. Faktor pertamayaitu pengolahan tanah terdiri dari pengolahan tanah maksimumdan tanpa olah tanah.Faktor kedua yaitu pemberian bahan organik terdiri dari pupuk kandang ayam, pupukkandang sapi dan pupuk kandang kambing. Kombinasiperlakuan yang diberikanmemperlihatkan pengaruh nyata terhadap perbedaan tinggi tanaman kombinasi perlakuanpengolahan tanah maksimum dan pupuk kandang ayam memiliki tinggi tanaman jahetertinggi dibandingkan kombinasi perlakuan lainnya, dan tinggi tanaman jahe terendahadalah dari jenis perlakuan tanpa olah tanah dan pupuk kandang sapi. Untuk jumlah daundan jumlah anakan tanaman jahe kombinasi perlakuan yang diberikan tidak memperlihatkanpengaruh yang nyata.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (35.087 KB)
Original Source : http://kinfopolitani.com/index.php/JAAST/article/view/14
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

JAAST

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Engineering Environmental Science

Description

Journal of Applied Agricultural Science and Technology aims to publish original research results, reviews and policy papers written by researchers, experts as well as practitioners, in the field of Applied Agricultural Science and Technology. Journal of Applied Agricultural Science and Technology ...