Pro Bisnis
Vol 11, No 2: Agustus (2018) [In Progress]

Analisis Metode Penetapan Harga Produk Pada PT Serafood Indonesia


tripustikasari, eka ( stmik amikom purwokerto )



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Dalam menjalankan usaha serta untuk mampu bertahan dalam dunia persaingan bisnis yang ketat saat ini, setiap pemilik usaha harus dapat mengambil keputusan-keputusan yang tepat salah satunya dalam menentukan harga jual. Biaya adalah nilai kas atau setara kas yang dikeluarkan (dibebankan) untuk mendapatkan barang atau jasa, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi organisasi pada saat ini maupun di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan biaya yang dikeluarkan dalam menghasilkan produk dari usaha yang dijalankan, serta untuk melakukan penerapan terhadap metode cost plus pricing dalam rangka menentukan harga jual. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan terhadap harga jual yang saat ini berlaku dengan harga jual yang dihitung dengan menggunakan metode cost plus pricing. Harga jual yang saat ini diberlakukan tidak dapat menutupi besarnya tingkat laba yang diharapkan. Dengan adanya pembukuan yang memadai pemilik dapat melakukan perhitungan yang akurat terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan sehingga dapat menekan jumlah biaya yang ada yang tujuannya untuk memperoleh laba sebagaimana yang diharapkan. Pemilik sebaiknya menggunakan cost plus pricing method dalam menentukan harga jual agar supaya semua klasifikasi biaya dapat teridentifikasi dan dapat dihitungkan sehingga harga jual yang ditetapkan dapat lebih akurat.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (257.148 KB)
Original Source : http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/probisnis/article/view/737
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

PROBISNIS

Publisher

Subject

Description

Probisnis adalah jurnal ilmiah terbitan berkala yang memuat artikel bisnis dan ...