SUARA GURU
Vol 3, No 4 (2017): Vol. 3 No. 4, Desember 2017

HUBUNGAN ANTARA LIFE SKILL DENGAN MASALAH YANG DIALAMI SISWA KELAS II SLTP 1 TELUK KUANTAN


Herwin, Herwin



Article Info

Publish Date
08 Mar 2018

Abstract

Life skill atau kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk mau dan berani menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya. Life skill tercipta sejak anak mulai terintegrasi dengan lingkungan. Semakin dewasanya seseorang seharusnya semakin mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab kecakapannya. Sdangkan masalah adalah sesuatu yang dapat menghambat, merintangi dan mempersulit dalam usaha mencapai tujuan. Orang yang memiliki kecakapan hidup ditandai dengan 1) Respon yang ditampilkan selalu penuh dengan kesadaran terhadap keberadaan dirinya. 2) Perilaku lebih mengacu pada penalaran. 3) Memiliki kelebihan dalam keterampilan dalam berbicara. 4) Menghargai kecakapan yang dimilikinya. 5)Memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sekaligus mencari hubungan antara Life skill dengan masalah. Populasinya terdiri dari tiga kelas dengan sampel 50%. Metode penelitian menggunakan korelasi. Hasil analisa data menunjukkan gambaran Life skill 80% kategori tinggi dan 20% kategori sedang. Gambaran masalah yang dihadapi siswa 3% dari kategori sedang, dan 97% dalam kategori rendah. Ditinjau dari uji korelasi ternyata Life skill dengan masalah yang dialami siswa diperoleh harga r = -0,77. Hal ini menunjukkan hubungan negatif yang sangat erat, artinya antara Life skill dan masalah yang dialami siswa terdapat hubungan yang negatif. Semakin tinggi Life skill yang dimiliki siswa maka semakin sedikit masalah yang dihadapi.


Copyrights © 2018







Original Source : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/4881
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

suaraguru

Publisher

Subject

Education

Description

Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada pengembangan dan aplikasi teori, pendekatan, sistem, metode, implementasi, and evaluasi penerapan kurikulum dan pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. ...