Journal of Governance and Public Policy
Vol 5, No 2 (2018): June 2018

AN EVALUATION OF CLASSLESS HEALTH SERVICES FOR POOR FAMILIES (GAKIN) IN WATES, KULON PROGO REGENCY


Sakir, Sakir, Atmojo, Muhammad Eko ( Prodi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ) , Handoyo, Asmarawati ( Prodi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta )



Article Info

Publish Date
03 Aug 2018

Abstract

Salah satu prinsip penting dari penyelenggaraan pelayanan publik adalah pelayanan bagi masyarakatnya, artinya pelayanan publik memuat prinsip-prinsip keadilan/equity dimana semua masyarakat berhak atas pelayanan publik yang sama tanpa adanya perlakukan diskriminatif. Pelayanan diberikan tanpa memandang status, pangkat, golongan dari semua masyarakat. Namun tidak dapat dipungkiri beberapa sektor pelayanan publik masih memberlakukan pembedaan pelayanan melalui penciptaan kelas, salah satunya adalah pelayanan di rumah sakit. Demi terwujudnya pelayanan prima dan memuat prinsip adil/equity RSUD Wates menerapkan inovasi baru yaitu pelayanan rawat inap tanpa kelas bagi keluarga miskin (Gakin). Adanya inovasi tanpa kelas bagi masyarakat miskin nantinya bisa menciptakan pelayanan yang memuat prinsip-prinsip keadilan/equity, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan public yang sama dan tidak ada kata diskriminatif terhadap pelayanan publik. Pelaksanaan rumah sakit tanpa kelas bagi masyarakat miskin relative berjalan dengan lancar, hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya syarat yang menyulitkan pasien untuk mendaftarkan diri. Setiap masyarakat yang menggunakan kartu jaminan kesehatan berhak mendapatkan pelayanan yang sama dan tidak ada perbedaan. Hal inilah yang dilakukan di RSUD Wates dalam pelaksanaan pelayanan tanpa kelas bagi masyarakat miskin.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (387.306 KB)
Original Source : http://journal.umy.ac.id/index.php/GPP/article/view/4581
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

gpp

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The journal aims to publish research articles within the field of Public Policy and Governance, and to analys a range of contemporary political and governing processes. ...