Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK)
Vol 4, No 1 (2012)

PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA BADAN USAHA BERBENTUK RUMAH SAKIT (Studi Kasus Pada RSD. Mardi Waluyo)


-, Heru



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Balanced Scorecard sebagai tolok ukur pengukuran kinerja pada RSD Mardi Waluyo. Dengan menggunakan Balanced Scorecard diharapkan rumah sakit dapat mengembangkan aspek keuangan dan non keuangan dalam melakukan penilaian kinerja, sehingga nantinya diharapkan bahwa rumah sakit mampu menjadi institusi yang dapat memberikan kepuasan kepada para pasien dan mempunyai karyawan yang berkomitmen tinggi. Metode Balanced Scorecard mempunyai empat persepektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Balanced scorecard telah dipakai secara luas oleh organisasi kesehatan terutama rumah sakit. Dengan menetakapkan metode Balanced Scorecard para manajer perusahaan akan mengukur bagaimana unit bisnis mereka melakukan penciptaan nilai saat ini dengan tetap mempertimbangkan kepentingan-kepentingan di masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja perspektif keuangan sudah cukup baik. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan pendapatan operasional rumah sakit yang terus meningkat meskipun belum berhasil menekan biaya operasional rumah sakit. Untuk kinerja perspektif pelanggan dengan adanya kebijakan-kebijakan yang diberikan RSD Mardi Waluyo mampu mempertahankan dan menarik minat pasien untuk berobat di rumah sakit, serta berusaha selalu memuaskan pasien dengan jasa pelayanan yang dihasilkan. Kinerja perspktif proses bisnis internal, RSD Mardi Waluyo mampu memberikan fasilitas pelayanan yang baik walaupun pelayanan dalam menangani pasien yang masuk ke rumah sakit dengan kondisi pasien dalam keadaan parah belum dapat diminimalisir, tetapi secara keseluruhannya menunjukan pelayanan yang sudah baik. Kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sudah dilakukan dengan baik. RSD Mardi Waluyo mampu mempertahankan karyawan dengan fasilitas yang dimilki rumah sakit dan tugas yang diberikan. Selain itu, kemampuan SDM yang dimilki RSD Mardi Waluyo juga sudah baik dengan adanya pengiriman para pegawai medis untuk melakukan pelatihan-pelatihan medis. Pengukuran keempat perspektif tersebut secara umum akan memberikan kemajuan bagi RSD Mardi Waluyo.Kata Kunci: Balanced Scorecard, Kinerja


Copyrights © 2015






Download : Full PDF (1054.668 KB)
Original Source : http://journal.stieken.ac.id/index.php/kompilek/article/view/42
Google Scholar : Check in googleschoolar