Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK)
Vol 3, No 2 (2011)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MENGAMBIL KEPUTUSAN MEMBELI RUMAH (Studi pada Perumahan Wisma Indah Kota Blitar)


Suprajang, Sandi Eka



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bahwa faktor-faktor yang diukur melalui produk (X1); promosi (X2); harga (X3); lokasi (X4); fasilitas (X5); lingkungan (X6) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan membeli kotak kayu. Untuk memperoleh informasi bahwa faktor-faktor yang diukur melalui produk (X1); promosi (X2); harga (X3); lokasi (X4); fasilitas (X5); lingkungan (X6) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Untuk memperoleh informasi faktor manakah yang mempunyai hubungan paling erat dengan keputusan membeli rumah pada perumahan Wisma Indah Kota Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli rumah pada perumahan Wisma Indah Kota Blitar. Dengan memperhatikan karakter data dan jumlah populasi yang banyak maka berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dengan kesalahan 5%, maka jumlah sampelnya 100.Berdasarkan analisis regresi linier berganda dengan full regresion dengan menggunakan uji-F, secara simultan variabel Produk (X1), Promosi (X2), Harga (X3), Lokasi (X4), Fasilitas (X5), Lingkungan Sosial (X6) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli. Maka dengan demikian hipotesis pertama dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Sedangkan dengan menggunakan uji-t, secara parsial variabel Produk (X1), Promosi (X2), Harga (X3), Lokasi (X4), Fasilitas (X5), Lingkungan Sosial (X6) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli. Maka dengan demikian hipotesis kedua dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Dari perhitungan dengan menggunakan pendekatan full regresion dapat dilihat dari coeffisien correlations partial secara parsial ditemukan bahwa variabel lokasi (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan membeli. Dengan demikian untuk membuktikan hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa diduga lokasi (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan membeli pada rumah pada perumahan Wisma Indah Kota Blitar yang dilakukan dengan pendekatan full regression terbukti benar.Kata kunci : Faktor-faktor, Keputusan membeli


Copyrights © 2015






Download : Full PDF (590.354 KB)
Original Source : http://journal.stieken.ac.id/index.php/kompilek/article/view/31
Google Scholar : Check in googleschoolar