Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK)
Vol 1, No 1 (2009)

ANALISIS PENGARUH REPUTASI AUDITOR, DEWAN DIREKSI, LEVERAGE DAN PERSENTASE SAHAM YANG DITAWARKAN SAAT IPO TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)


Sunandes, Aris



Article Info

Publish Date
30 Sep 2015

Abstract

Agency theory adalah hubungan atau kontrak antara principal dan agent. Konflik kepentingan semakin meningkat terutama karena principal tidak dapat memonitor aktivitas chief executive officer (CEO) sehari-hari untuk memastikan bahwa CEO bekerja sesuai dengan keinginan pemegang saham. Principal tidak memiliki informasi yang cukup tentang kinerja agent. Agen mempunyai lebih banyak informasi mengenai kapasitas diri, lingkungan kerja, dan perusahaan secara keseluruhan. Hal inilah yang mengakibatkan adanya ketidakseimbangan informasi yang dimiliki oleh principal dan agent.Ternyata secara empiris terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor reputasi auditor, persentase saham yang ditawarkan kepada publik saat initial public offering (IPO) terhadap earnings management. Disamping itu pula terbukti secara empiris bahwa jumlah dewan direksi dan leverage tidak berpengaruh secara signifikan terhadap earnings management.Perusahaan yang diaudit oleh auditor yang termasuk dalam golongan prestisius, akan lebih kecil kemungkinannya melakukan earnings management. Begitu pula persentase saham yang ditawarkan kepada publik semakin besar prosentase saham yang ditawarkan kepada publik, maka semakin kecil kemungkinan perusahaan melakukan earnings management, hal ini dimungkinkan karena semakin transparan informasi yang disajikan semakin kecil kemungkinan dalam melakukan manipulasi terhadap earnings.KATA KUNCI : earnings management, reputasi auditor, leverage, saham IPO


Copyrights © 2015







Original Source : http://journal.stieken.ac.id/index.php/kompilek/article/view/6
Google Scholar : Check in googleschoolar