Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK)
Vol 7, No 1 (2015)

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PADA KONSUMEN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA BLITAR


Suprajang, Sandi Eka



Article Info

Publish Date
03 May 2016

Abstract

Persaingan di dunia bisnis pada era globalisasi seperti saat ini sangatlah ketat, produsen sepeda motor dituntut untuk terus meningkatkan produktivitasnya agar mampu bersaing dengan perusahaan lain supaya dapat bertahan di tengah hantaman krisis ekonomi yang terjadi sekarang ini, dalam teori asimetri pemasaran seorang manajer harus dapat memberikan peningkatan usahanya melalui konsumen sebagai bentuk eksistensinya di dalam dunia usaha. Yamaha merupakan salah satu produsen sepeda motor yang selalu mengedepankan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh kualitas produk dan harga baik secara langsung terhadap kepuasan konsumen, maupun secara tidak langsung terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dan pengambilan sampelnya berdasarkan metode purposive random sampling dengan berdasarkan pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh langsung yang positif terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kualitas produk dan harga dapat memberikan pengaruh tidak langsung terhadap kepuasan konsumen. Supaya kepuasan konsumen tetap terjaga, Yamaha harus tetap mempertahankan kualitas produk yang sudah dilakukan selama ini dan selalu melakukan inovasi. Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan


Copyrights © 2016






Download : Full PDF (1037.372 KB)
Original Source : http://journal.stieken.ac.id/index.php/kompilek/article/view/147
Google Scholar : Check in googleschoolar