Berkala Fisika Indonesia
Vol 10, No 1: Januari 2018

PENGEMBANGAN SIMULASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK


Yusuf, Irfan ( Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314 ) , Widyaningsih, Sri Wahyu ( Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314 )



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan media simulasi interaktif materi fisika menggunakan aplikasi open source untuk meningkatkan aktivitas dan persepsi belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu four-D (4D), yang terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas XII IPA SMA Tut Wuri Handayani Makassar, Sulawesi Selatan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian media dan materi pembelajaran oleh ahli dan praktisi, lembar observasi aktivitas belajar yang diisi oleh observer selama pembelajaran, dan kuesioner persepsi peserta didik yang diberikan setelah pembelajaran. Teknik analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan berupa interpretasi data dari lembar penilaian media, lembar observasi dan kuesioner, sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menyertai dan melengkapi hasil yang diperoleh. Tingkat reliabilitas instrumen penilaian ahli menggunakan percentage of agreements. Tingkat reliabilitas yang diberikan oleh validator dari setiap aspek adalah di atas 75%, yang berari bahwa hasil reliabel. Validasi ahli media, ahli materi dan praktisi menunjukkan hasil yang baik dari setiap komponen penilaian, dan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Rata-rata aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada dalam kategori tim baik, tim hebat dan tim super yang menunjukkan bahwa peserta didik responsif terhadap penjelasan guru, aktif dalam pembelajaran, mengemukakan pendapat, memanfaatkan waktu secara efisien dan membangun ide yang logis serta menarik simpulan dengan akurat. Tingkat persepsi peserta didik adalah 92%, artinya peserta didik sangat setuju terhadap pembelajaran fisika berbasis media open source. Pembelajaran berbasis media open source memberi peluang kepada peserta didik untuk bereksplorasi, sehingga media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi open source  dapat mendukung proses belajar mengajar.


Copyrights © 2018







Original Source : http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/view/9486
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

BFI

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal BFI (Berkala Fisika Indonesia) merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Magister Pendidikan Fisika untuk menampung karya penelitian bidang Fisika dan Pendidikan ...