Paedagogia
Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA SD


Nurani, Heppi Isti ( Universitas Sebelas Maret Surakarta ) , Suhita, Raheni, Suryanto, Edy ( Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret )



Article Info

Publish Date
03 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas: (1) proses pembelajaran membaca cepat dengan metode SQ3R dan (2) hasil pembelajaran membaca cepat dengan metode SQ3R.Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri I Karang Duren. Sumber data diperoleh dari tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen.Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan revieu informan. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan kualitas proses dan kualitas pembelajaran membaca cepat. Peningkatan kualitas proses terefleksi dari keaktifan siswa dalam mengikuti apersepsi, perhatian,serta minat dan motivasi. Ketuntasan siswa dalam belajar juga mengalami peningkatan.  Peningkatan kualitas hasil ditunjukkan perkembangan dari 52,6% pada siklus I menjadi 68% pada siklus II, dan 84,2% pada siklus III.


Copyrights © 2017







Original Source : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/9961
Google Scholar : Check in googleschoolar