Paedagogia
Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA PRAKTIKUM KIMIA FISIKA


Merdekawati, Krisna



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Penilaian capaian matakuliah praktikum seringkali  berupa tes tertulis. Sistem penilaian dipandang memberikan andil pada rendahnya keterampilan laboratoris mahasiswa. Tes tertulis  menyebabkan mahasiswa tidak tertantang untuk memiliki keterampilan laboratoris. Capaian mahasiswa pada praktikum kimia fisika cenderung lebih rendah dibandingkan dengan praktikum yang lain. Penilaian unjuk kerja diharapkan dapat memberikan dampak positif pada capaian mahasiswa, terutama pada aspek keterampilan laboratoris.  Tujuan penelitian ini untuk pengembangan instrumen penilaian unjuk kerja praktikum kimia fisika. Model pengembangan yang digunakan adalah model analysis, design, development, implementation, evaluation (ADDIE). Hasil penelitian disimpulkan bahwa instrumen penilaian unjuk kerja praktikum kimia fisika dapat dikembangkan sesuai tahapan model ADDIE. Instrumen penilaian yang dikembangkan layak digunakan dalam matakuliah praktikum kimia fisika. 


Copyrights © 2017







Original Source : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/9954
Google Scholar : Check in googleschoolar