Paedagogia
Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS KOMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA TUNARUNGU PADA MATERI FUNGSI ALAT-ALAT TUBUH KELAS V


Pratama, Irfan, Gunarhadi, Gunarhadi, priyono, priyono



Article Info

Publish Date
03 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu kelas V di SLB B. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan One Group Pretest- Posttest. Populasi penelitian ini adalah 6 siswa tunarungu kelas 5 di SLB-B Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 93,33 > nilai rata-rata pretest sebesar 51,67 dan hasil analisis non-parametric diperoleh nilai Z = -2.232 dengan P = 0,026. Dengan demikian, hipotesis ”Ada pengaruh signifikan penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu” diterima kebenarannya. Ini berarti,  penggunaan media grafis komik memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu di kelas V di SLB-B Karanganyar. Kata kunci: media grafis komik, prestasi belajar IPA, anak tunarungu


Copyrights © 2017







Original Source : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/9952
Google Scholar : Check in googleschoolar