Paedagogia
Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA


Pamungkas, Maya Sih Hika, Mulyani, Sri, Saputro, Sulistyo



Article Info

Publish Date
03 Mar 2017

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar kimia dengan model predict-observe-explain (POE) dan metode praktikum pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model dan metode yang diterapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan (siklus I 64,3% dan siklus II 78,6%) dan prestasi belajar kimia siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan (pada siklus I, aspek pengetahuan 53,6% dan siklus II menjadi 78,6%; siklus I, aspek sikap 89,3% dan siklus II menjadi 96,4% ; dan aspek keterampilan sebesar 100% pada siklus I). 


Copyrights © 2017







Original Source : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/9955
Google Scholar : Check in googleschoolar