Paedagogia
Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)

MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI


eviliyanto, Eviliyanto, Gultom, Tigor monang



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada mata pelajaran geografi materi pemanfaatan sumber daya alam (PSDA); (2) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi PSDA dengan model CIRC; dan (3) peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi PSDA melalui penerapan model CIRC. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) ini direncanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Sekadau, Pontianak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan membandingkan perolehan nilai persentase aktivitas belajar pada siklus I dan II. Hasil penelitian disimpulkan: (1) Penerapan model pembelajaran CIRC tergolong baik; (2) Aktivitas belajar siswa tergolong aktif (aktivitas fisik siklus I 51,75% dan siklus II 83,33%; aktivitas mental siklus I 44,07% dan siklus II 75,65%; aktivtas emosional siklus I 51,66% dan siklus II 84,20%); dan (3) Model CIRC dapat meningkatan aktivitas belajar siswa dalam belajar geografi


Copyrights © 2017







Original Source : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/9953
Google Scholar : Check in googleschoolar