PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)

Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw


Sari, Nursina, Rahman, Nanang



Article Info

Publish Date
26 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Rerata peningkatan motivasi (2) Rerata peningkatan kemampuan kognitif, dan (3) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA pada peserta didik PGSD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengadaptasi model Kurt Lewin yang dilakukan dalam tiga siklus pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar observasi motivasi, dan lembar soal serta lembar observasi keterlaksaana pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw dapat (1) Peserta didik lebih termotivasi dalam prose pembelajaran ditinjau dari hasil angket yaitu pada rerata gain skor tiap siklus I, II, dan III yaitu 0.32, 0.58, 0.63 dengan kategori sedang, dan (2) Efektif dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif peserta didik ditinjau dari perolehan rerata gain skor pada tiap siklus I, II, dan III sebesar 0.49, 0.53, dan 0.6, dengan kategori sedang, (3) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA terlaksana dengan baik.Kata Kunci: Motivasi, kognitif, Pembelajaran kooperatif, jigsaw


Copyrights © 2018







Original Source : http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/PSEJ/article/view/880
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Education

Description

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII ...