Article Info
Publish Date
30 Apr 2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil kompetensi sains siswa dalam pembelajaran literasi sains berpendekatan inkuiri saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian experiment pretest-posttest control group design dengan sampel sebanyak 86 orang dari 2 kelas masing-masing di SMPN 1 Lilirilau dan MTs DDI Pattojo Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi selatan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kompentensi sains berdasarkan aspek PISA yaitu aspek penjelasan fenomena ilmiah mendapatkan rata-rata persentase tertinggi sebesar 81% dibandingkan kedua aspek lainnya yaitu identifikasi isu sains dengan rata-rata persentase sebesar 76% dan penggunaan fakta-fakta sains sebesar 71%. Sedangkan hasil analisis kompetensi sains berdasarkan aspek literasi sains, di antara keempat aspek, aspek batang tubung pengetahuan memperoleh rata-rata persentase tertinggi sebesar 80% dibandingkan ketiga aspek lainnya yaitu aspek cara menyelidiki sebesar 79%, cara berpikir sebesar 76%, dan interaksi antara SETS sebesar 78%.
Copyrights © 2018