JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN)
Vol 4, No 2 (2018): Edisi Mei

PENGARUH PELAYANAN PURNA JUAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SIM CARD (SURVEI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UMN AL WASHLIYAH DAN UNIVA MEDAN)


yuliana, yayuk ( university muslim nusantara al washliyah medan )



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelayanan Purna Jual yang terdiri dari Garansi, Reparasi, dan Suku Cadang secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan sim card. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian (explanatory research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 488 orang mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden adalah pengguna produk sim card di dua universitas yaitu universitas Muslim Nusantara Al Washliyah dan Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan. Teknik analisis data menggunkan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan memperhatikan uji asumsi klasik dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pealyanan Purna Jual yang terdiri dari garansi, reparasi dan suku cadang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sim  card, Layanan Purna Jual secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sim card, Reparasi adalah variabel yang dominan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan sim card. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Garansi, Reparasi, dan Suku Cadang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan memiliki R2 sebesar 90,7%.


Copyrights © 2018







Original Source : http://ojs.uma.ac.id/index.php/bisman/article/view/1557
Google Scholar : Check in googleschoolar