JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN)
Vol 4, No 2 (2018): Edisi Mei

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMPETENSI DOSEN PADA POLITEKNIK LP3I MEDAN


Ayuning, Trias ( Politeknik LP3I Medan )



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

AbstrackBased on data Center and Information DIKTI, the number of lecturers who have a degree-1 as many as 21,872 of the total lecturer 2016/2017 as many as 237,837. The impossible requirement to be a lecturer in a study program at a college in Indonesia is to have and to be educated up to strata-2 or stara-3. This study aims to identify any factors that affect lecturer competence by using t test and f test. In this research put forward several factors that are academic qualification, teaching experience and motivation of lecturer. Pursuant to result of this research motivation of lecturer in teaching have significant influence to lecturer competence partially with significant value 0,00 smaller than α = 0,05, and simultaneously academic qualification, teaching experience and motivation have significant influence to lecturer competence with a significance value of 0.00 is smaller than α = 0.05. Keywords: lecturers competence, academic qualification, experience, motivation of lecturer. AbstrakBerdasarkan data Pusat Data dan Informasi DIKTI, jumlah dosen yang memiliki gelar strata-1 sebanyak 21.872 dari total dosen 2016/2017 sebanyak 237.837. Syarat mustahak yang untuk menjadi seorang pengajar pada program studi di perguruan tinggi di Indonesia adalah memiliki dan menempuh pendidikan hingga strata-2 ataupun stara-3. Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi kompetensi dosen dengan menggunakan uji t dan uji f. Dalam penelitian  ini mengemukakan beberapa faktor yaitu kualifikasi akademik, pengalaman mengajar dan motivasi dosen. Berdasarkan  hasil penelitian ini motivasi dosen dalam  mengajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi dosen secara parsial dengan nilai signifikan 0,00 yang lebih kecil dari α=0,05, dan  secara simultan kualifikasi akademik,pengalaman mengajar dan motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi dosen dengan nilai signifikansi 0,00 lebih kecil dari α=0,05. Kata Kunci : Kompetensi Dosen, Kualifikasi Akademik, Pengalaman, Motivasi dosen


Copyrights © 2018







Original Source : http://ojs.uma.ac.id/index.php/bisman/article/view/1590
Google Scholar : Check in googleschoolar