Alkhawarizmi
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi

Perancangan Error Detection System And Error Correction System Menggunakan Metode Hamming Code Pada Pengiriman Data Text


Lubis, Ahmad Alfi Albar ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sihombing, Poltak ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara ) , Sani, Arman ( Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara )



Article Info

Publish Date
19 Dec 2012

Abstract

Sistem pengiriman data pada saat ini masih kurang maksimal dan sering terjadi kesalahan dalam proses pengirimannya. Sebagian besar sistem pengiriman data sekarang ini belum dapat mengurangi kesalahan pada pengiriman. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah aplikasi Error Detection System and Error Correction System Pada Pengiriman Data Text. Metode yang penulis gunakan dalam perancangan sistem ini adalah metode Hamming Code. Sistem ini dapat menampilkan pesan error yang sudah dideteksi kesalahannya dan kemudian dikoreksi kesalahannya. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan Visual Basic (VB). Dari hasil pengujian sistem ini data yang akan dikirimkan akan dideteksi terlebih dahulu,setelah terdeteksi jika ada kesalahan maka aplikasi akan mengkoreksi kesalahan yang telah terdeteksi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa error yang terjadi pada saat pengiriman data, dikarenakan kesalahan pada bit-bit yang dikirim,maka terjadilah error.


Copyrights © 2012






Download : Full PDF (371.835 KB)
Original Source : http://jurnal.usu.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/view/503
Google Scholar : Check in googleschoolar