Telematika
Vol 10, No 2: Agustus (2017)

PREDIKSI KELAYAKAN MASUK PENJURUSAN IPA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN C4.5 (Studi Kasus: SMA Tarakanita Gading Serpong)


Rahwali, Rasi ( Universitas Multimedia Nusantara ) , Hansun, Seng ( Universitas Multimedia Nusantara ) , Wiratama, Yustinus Widya ( Universitas Multimedia Nusantara )



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

Penjurusan Sekolah Menengah Atas adalah masa yang penting dalam menentukan masa depan pendidikan di jenjang berikutnya, yang dimulai dari kelas 10 naik ke kelas 11, dan untuk menentukan penjurusan tersebut digunakan variabel-variabel penentuan penjurusan. Untuk mendukung hasil prediksi penentuan penjurusan SMA, maka dibuatlah penelitian ini. Pada penelitian ini, algoritma yang digunakan untuk memprediksi kelayakan masuk penjurusan IPA pada Sekolah Menengah Atas, khususnya pada SMA Tarakanita Gading Serpong adalah algoritma C4.5, yang merupakan salah satu algoritma data mining yang populer digunakan. Variabel yang digunakan dalam proses penentuan keputusan adalah nilai materi pelajaran Matematika dan IPA siswa kelas XI, XII, serta hasil psikotest berupa bakat dan minat siswa. Hasil dari algoritma C4.5 ini dapat membentuk suatu pohon keputusan yang dapat menentukan hasil prediksi kelayakan masuk penjurusan IPA. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, aplikasi prediksi kelayakan masuk penjurusan IPA telah berhasil diterapkan dengan hasil yang sesuai dengan kriteria, dan memiliki tingkat error 16,65%.


Copyrights © 2017







Original Source : http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/425
Google Scholar : Check in googleschoolar