JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Oktober)

OPTIMALISASI PELAYANAN (SERVICE) PUSKESMAS DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KUBU RAYA PROVINSI KALIMANTAN BARAT


Yulian, Ryani, Yeni, Yeni



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan kajian optimalisasi pelayanan puskesmas dalam peningkatan layanan meliputi: pengukuran kebutuhan, keinginan, harapan  dan persepsi masyarakat selaku pengguna jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis kualitas dengan pendekatan IKM dan model SERVQUAL (Service Quality), analisis kualitatif menggunakan Diagram Kartesius serta terakhir  analisis optimalisasi dengan pendekatan medan kekuatan (Force Field Analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai indeks sebesar 2,65 yang dikonversikan dengan nilai dasar adalah 65,10 secara keseluruhan  kinerja unit pelayanan Puskesmas adalah baik.  Dari atribut pelayanan, ada 10 atribut pelayanan termasuk kategori Baik (B), dan 3 unsur pelayanan yang termasuk kategori Kurang Baik (C). Dari 3 unsur pelayanan yang termasuk ketegori Kurang Baik (C), indeks terendah adalah atribut kecepatan pelayanan (P7). Optimalisasi pelayanan dituangkan dalam matrik dengan skala prioritas melengkapi fasilitas dan ketersediaan obat-obatan yang penting, rasio tenaga  kesehatan, pengembangan sistem pelayanan, dan supporting budget serta melibatkan unsur atau  instansi yang terkait.Kata Kunci: indeks kepuasan masyarakat, pelayanan, puskesmas, kebutuhan, keinginan, harapan, persepsi ABSTRACTThis study reviews the optimization of Community Health Care services in improving public health service that includes the measurement of needs, wants, hopes, and perception of service users. The method of research uses three stages nameky; descriptive method of quality analysis and SERVQUAL model, Cartesian Diagram, and optimization analysis with Force Field Analysis. The findings suggested that score of indexes of community satisfaction of the overall performance of Community Health Care is good with mean score 65,10. Out of the attributes of services, there were 10 attributes of services classified as good, and 3 attributes of services classified as poor. The lowest index of the attributes of services was speed of service The optimization of services is imprinted into matrix with priority scale to complete the facility, the availability of essential medicine, and the ratio of health workers, the development of service system, supporting budget and participation from relevant agencies.Keywords: indexes of community satisfaction, service, community health care, needs, wants, hopes, expectations


Copyrights © 2017






Download : Full PDF (386.581 KB)
Original Source : http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jm_motivasi/article/view/760
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jm_motivasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen ...