JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Oktober)

PENGARUH PEMAHAMAN PRODUK (FAMLIARITY) PERBANKAN SYARIAH TERHADAP NASABAH MENABUNG DI iB HASANAH PT. BANK BNI SYARIAH CABANG PONTIANAK


Triana, Neni, Mahdi, Fadhil



Article Info

Publish Date
12 Dec 2017

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman produk Bank Syariah (familiarity) terhadap keputusan nasabah menabung di iB Hasanah PT. Bank BNI Syariah Cabang Pontianak. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan rumusan masalah penelitian asosiatif dengan hubungan kausal sebagaimana yang dijelaskan oleh Sugiyono. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan karakteristik: responden di dominasi oleh perempuan sebesar 52 %, dan sebagian besar responden baru menjadi nasabah kurang dari 1 tahun (<1 tahun) sebanyak 53 %. Berdasarkan uji koefisien normalitas, uji validitas dan reliabilitas adalah masing-masing data terdistribusi dengan normal (0,717 > 0,05) dan seluruh item pernyataan kuesioner yang mewakili tiga variabel bebas: objective knowledge (X1), subjective knowledge (X2), dan experience (X3) dan satu variabel terikat keputusan nasabah menabung (Y) dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji determinasi (R2) menunjukkan bahwa terdapat fakotr lain sebesar 48,2 % diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung lebih besar daripada F tabel (31,995 > 2,699 ) berarti masing–masing variabel X (familiarity) secara simultan atau bersama–sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, sedangkan variabel yang secara parsial paling dominan memengaruhi variabel Y adalah variabel X1 (objective knowledge).Kata Kunci: familiarity,objective knowledge,subjective knowledge,experience, keputusan menabung  ABSTRACTThe aim of this research is to investigate the effect of familiarity of sharia banking product on customers’ decision to deposit in IB Hasanah PT. Bank BNI Syariah Pontianak branch. Qualitative method and associative research are carried out on an-going basis with causal relationship as explained by Sugiyono. The respondents of the research consisted of 100 people characterized by the domination of women with 52%, and most of the respondents are categorized new customers less than a year (<1 year) of 53%. Based on normality coefficient test, validity and reliability test, the data are respectively distributed normal with (0,727 > 0,05), and the whole items of questionnaire which represent three independent variables: objective knowledge (X1), subjective knowledge (X2), dan experience (X3), and one dependent variable on customers’ decision to deposit (Y) are stated valid and reliable. The test result of determination (R2) showed that there are other factors out of the scope of this research. The F result test also discovered that F value of 48,2% is bigger than F table (31,995 > 2,6999) which means each X variable (familiarity) has a significant effect on Y variable simultaneously, while parsially dominant variable influences the Y variable which is X1 (objective knowledge) variable. Keywords: familiarity, objective knowledge, subjective knowledge, experience, decisons to deposi


Copyrights © 2017






Download : Full PDF (332.653 KB)
Original Source : http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jm_motivasi/article/view/765
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jm_motivasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen ...