JURNAL GALUNG TROPIKA
Vol 3, No 1 (2014)

DAYA SAING INDUSTRI BUDIDAYA RUMPUT LAUT (Eucheuma cottonii)


Abdullah, Abdullah ( Jurusan Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ) , Asriani, Asriani ( Jurusan Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ) , Astanti, Warnika Febri ( Jurusan Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep )



Article Info

Publish Date
01 Jan 2014

Abstract

Penelitian dilaksanakan di kabupaten pangkep, Barru, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba dengan pertimbangan bahwa kabupaten tersebut merupakan sentra pengembangan rumput laut di Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian adalah petani yang mengusahan budidaya rumput laut Eucheunema cottonii di kabupaten pangkep, Barru, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah petani yang berusaha dalam industri budidaya rumput laut Eucheuma cottonii.  Sampel diambil dengan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Setelah penetapan sampel, selanjunya diberikan penomoran pada petani yang berusaha pada industri budiadaya rumput laut Eucheuma cottonii pada masing masing kabupaten. Cara pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Observasi, yaitu pengambilan data  pada  saat penelitian dengan pencatatan secara sistematik; (2) Interview, yaitu wawancara langsung dengan teknisi maupun bagian administrasi perusahaan; (3) Dokumentasi, adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengambil dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Beberapa Indikator Hasil Analisis dari Matriks PAM diantaranya adalah: (1) Analisis Keuntungan terdiri dari (a) Private Provitability (PP) (b) Social Provitability (SP); (2) Keunggulan Kompetitif (Private Cost Ratio, PCR) dan Komparatif (Domestic Resource Cost Ratio, DRCR); dan (3) Dampak Kebijakan Pemerintah.


Copyrights © 2014







Original Source : http://jurnalpertanianumpar.com/index.php/jgt/article/view/61
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jgt

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Galung Tropika dengan nomor p-ISSN 2302-4178 (cetak) dan e-ISSN 2407-6279 (online) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan hasil penelitian di bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Biologi Tanaman. Serta menyajikan informasi hasil penelitian dan artikel ilmiah untuk pembangunan pertanian ...